Sabtu, 07 Juli 2018

Kata Ahli, Ini Faktor Alam Pemicu Dieng Bak Berselimut Salju

Uje Hartono - detikNews
Kata Ahli, Ini Faktor Alam Pemicu Dieng Bak Berselimut Salju Tanaman sayuran yang berselimut embun es di Dieng (Foto: istimewa)
FOKUS BERITA: Embun Salju di Dieng
Banjarnegara - Aktifnya Monsun Australia menjadi salah satu faktor munculnya embun es atau bun upas di dataran tinggi Dieng. Monsun mengakibatkan penurunan temperatur udara yang signifikan.

"Munculnya bun upas tadi pagi, salah satunya karena aktifnya Monsun Australia. Ditambah lagi saat ini merupakan puncak fenomena aphelion, yakni jarak terjauh bumi dengan matahari," jelas Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, kepada detikcom, Jumat (6/7/2018).

Angin Monsun dari Australia lebih terasa terutama di wilayah Indonesia sebelah selatan garis khatulistiwa, termasuk dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Berdasarkan analisa BMKG, suhu udara di dataran tinggi Dieng pada Jumat (6/7/2018) pukul 07.00 WIB tercatat 7 derajat celsius. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan suhu lebih rendah pada saat dini hari.

"Suhu terendah memang tercatat 7 derajat celsius. Tetapi, bisa saja suhu lebih rendah tergantung posisi ketinggian daerah pada saat dilakukan pengukuran," paparnya.
Sebelumnya, ia juga menuturkan salah satu faktor lain turunnya suhu udara di Dieng lantaran saat musim kemarau. Energi panas matahari yang terpantul dari bumi langsung hilang ke atmosfer sehingga tidak ada pantulan balik ke bumi.

"Kondisi ini jika terjadi terus menerus menyebabkan udara semakin dingin. Bahkan suhu udara di Dieng bisa mencapai 0 derajat dan biasanya menyebabkan uap air atau embun menjadi beku," terangnya.
(mbr/mbr)

Tidak ada komentar: