Rabu, 13 Juli 2011

MEMBERI LEBIH DARI YANG DIMINTA (2) SEBUAH JAWABAN

Sejak tahun 2008 membuat blog "INDUSTRI KECIL KIMIA" sekedar iseng menulis produk kimia, tahun 2009 blog saya mulai banyak yang mengenal,konsultasi/bertanya dengan gratis, hari ke hari pertanyaan , permintaan formula semakin beragam dan banyak sehinggga mau tidak mau saya harus mengembangkan produk yang lain, dan ini membutuhkan biaya untuk literatur, bahan, alat dan lain-lain.
Akhirnya 1 Januari 2010 saya memutuskan untuk mengkomersial blog"SUGIANTO-INDUSTRI FORMULA PRODUK KIMIA" untuk sekedar menutup ongkos percobaan/ penelitian, tahun 2011 berganti nama " INDUSTRI FORMULA PRODUK KIMIA INDONESIA"

Pelatihan di:
sejak tahun 2003 sampai sekarang saya aktif di Biro Penelitian dan pengembangan Putra Indonesia sebagai sekretaris, bendahara, kepala dan peneliti sudah bukan hal yang baru untuk melakukan penelitian maupun pelatihan (biasanya dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat maupun non pengabdian masyarakat)>. Saat menerima undangan dari SMTI Pontianak , saya berfikir..sudah saatnya saya menyampaikan ke semua orang bahwa"kimia industri itu mudah" ini moment yang tepat untuk menyampai misi saya karena SMTI punya Program keahlian Teknik Kimia/Kimia Industri... dan yang lebih penting ada program keahlian Teknik Mesin, saya ingin membuktikan bahwa untuk terjun dalam kimia Industri (membuat produk kebutuhan sehari-hari) tidak harus mempunyai dasar kimia, semua orang bisa dan berhak bisa mengembangkan diri serta berpartisipasi di dunia kimia industri. Orang Teknik Mesin bisa piawai membuat produk kimia sehari-hari. Kesempatan ini tak boleh disia-siakan! Akhirnya saya konsultasikan ke Yayasan (tempat kerja)... ok, saya berangkat ke SMTI Pontianak di mulai tanggal 3 Juli,4 s/d 6 Juli Pelatihan 7 Juli 2011 kembali ke Malang.
Memberi lebih dari yang minta:
menurut permintaan ada 3 kelompok produk yang diinginkan:
1. shampoo mobil
2. Sabun transparan
3. deversifikasi kelapa sawit
Untuk mengoptimalkan pelatihan dikemas sebagai berikut:
1. Tanggal 4 Juli 2011 membuat formulasi dan produk detergen cair (sabun cuci piring, sabun gel , shampoo,mobil, pembersih lantai, handsoap,karbol, pembersih kaca,detergen pakaian, semir mobil dan ban .............dll)+ contoh pembuatan beberapa produk
2. Tanggal 5 Juli 2011 membuat formulasi dan deversifikasi sabun dari bahan baku aneka minyak( sabun transparan, sabun mandi, sabun Jelly, sabun herbal, sabun karbon active .... detergen bubuk tanpa texapon, pengganti texapon, pembuatan sabun dengan cara panas maupun cara dingin .............dll.+ contoh pembuatan beberapa produk
3. Tanggal 6 Juli 2011 membuat produk-produk yang diinginkan dari para peserta sesuai dengan bahan yang telah disediakan.
Buku referensi :
1. HANDBOOK OF DETERGENTS Part D: Formulation ......................
2. Standar Nasional Indonesia sedian PKRT ............................
3. Mencari uang dengan cara mudah dan halal ..........................
Mudah-mudah formulasi dan produk yang kita buat, bermanfaat dan dapat dipertanggungkan ke masyarakat.
Bahan kimia itu penuh manfaat , tapi bukan bahan mainan
Referensi Hasil Pelatihan:"Gunawan Mursito" , Hp: 081345486399
kontaks person :sugianto.gik256@gmail..com Hp 081313430785

Tidak ada komentar: