Senin, 25 Juli 2011

MEMBERI LEBIH DARI YANG DIMINTA (5) MUATAN LOKAL ENTREPRENUER BERBASIS PRODUK KIMIA KEBUTUHAN SEHARI-HARI

Sesuai dengan kompetensi dasar minimal (yang diminta SKKD KIMIA INDUSTRI peserta didik SMK Kimia Industri / SMTI Teknik Kimia dipersiapkan kompetensi mendukung industri besar(Pabrik)
sebagai tenaga operator produksi, Quality control,Analisis bahan dan sejenisnya.
yang menjadi tanda tanya besar bagi saya:
1. Haruskah semuanya menjadi pegawai/karyawan pabrik? padahal sudah terbukti banyak industri pernah melarikan diri saat bangsa kita sedang kesulitan(krisis ekonomi.
2.Tidak pernahkah terpikirkan di hati kita untuk mempersiapkan generasi kita dimasa mendatang dapat mengelola usaha sendiri, ataukah kita sudah harus puas generasi kita pegawai/karyawan semua?
marilah kita sejenak berfikir untuk anak-anak kita, apa sebenarnya yang mereka butuhkan? apakah semua orang ingin jadi pegawai/karyawan? .... kalau tempat itu ada sih tidak masalah .... tapi ribuan/jutaan orang menginginkan hal yang sama setiap tahun....? tidak seharusnya kita selalu bergelut lautan yang sudah berdarah-darah, kita harus berani keluar dari kubangan ke tempat yang nyaman lapang dan lebih segar dengan menjadi lebih baik, salah satu alternatif adalah menjadi entrepreneur (wirausahawan)




Sebagai wirausahawan kita mengelola, bertanggung-jawab dan menerima hasil jerih payah kita sendiri, bukan sekedar perian gaji dari orang lain.Oleh karena itu sudah seharusnya dunia pendidikan mengembangkan kewirausahaan bukan sekedar pembelajaran saja, bukan sekedar menjual saja, bukan sekedar pengelola saja.
Supaya kita dapat handal dalam berwirausaha kita harus mampu menguasai produksi, pengelolaan, juga pemasarannya .....apalah artinya kita bisa memproduksi tanpa bisa mengelola dan memasarkan ...kita tak lebih hanya jadi perahan para pedagang !
apalah arti kita bisa mengelola bila tidak bisa membuatnya, tidak bisa memasarkannya? kita hanya akan diombang-ambingkan produsen dan pedagang saja!
apalah arti semuanya bila kita tidak bisa memasarkannya? .......
sebaik pendidik sudah seharusnya kita membekali anak-anak kita dengan kompetensi membuat produk, mengelola produk, dan memasarkan secara terintegrasi tidak berjalan sendiri-sendiri, apalagi hanya sekedar teori .... apalah artinya.
Produk hanya dapat dibuat oleh semua orang tanpa membutuhkan keahlian adalah produk kimia rumah tangga (household chemicals product) yang dibutuhkan sehari-hari ...... pasti produk tersebut dapat dibuat dengan bahan sederhana, cara mudah, peralatan murah ...yakinkan, bersama kita bisa!

Tidak ada komentar: