Sabtu, 13 Agustus 2011

ANALISIS SABUN COLEK (CREAM), Tanpa SODA API (NaOH) LEMBUT DITANGAN!

Mohon maaf sebelumnya, pada kesempatan ini saya hanya sekedar ingin bertukar pikiran saja dengan penikmat blogger. 13 Agustus 2011 saya diberi formula sabun cream sbb:
bahan:
1.ABS/DBS 4,5
2.Caustic Soda 1,25
3.Soda Ash 1,25
4.Sodium Silicate/Water Glass 2,5
5.Alumunium Sulfat 1
6.Sagu 0,75
7.Kaolin 5
8.Calcium 2
9.Warna secukupnya
10.Parfum 0,3
11.Air 6,5
hasilnya kurang baik !?
Hati-hati! sayangi diri kita, juga uang kita!
saya menduga produk ini tidak/kurang ekonomis dan korosif, apa betul?
karena ada banyak bahan yang menurut sayakurang tepat :
1. sodium silikat, untuk apa kalau untuk mengentalkan! kenapa harus pakai itu? banyak bahan mengental pengental dan lebih bagus kental untuk membuat sabun cream
atau emulgator? bukanlah! sama nggak masuk!
hasilnya supaya transparan? kok selanjutnya diberi kaolin,calsium, sagu? kalau produk sabun anda mau tranparan boleh deh
2. aluminium sulfat (tawas) untuk apa? .....
dll
Ada yang sangat penting dalam membuat sabun cream/colek yaitu ABS / DBS mempunyai sifat asam lemah(4,5 bagian , katakan semua satuan dalam kg berati 4,5 kg)di netralkan dengan basa kuat 1,25 kg ........bagaimana hasil sabun tersebut?
saya punya keyaninan sabun itu masih bersifat korosif(merusak kulit/tangan/gatal) ke tangan karena soda api yang berlebihan?
bagaimana menurut anda ?
anda dapat membuktikannya sendiri
Kimia itu datang untuk jadi sahabat, bukan untuk hal yang sesat

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal Pak Gi'
Saya Pram yg kebetulan lagi belajar produk2 kimia.

Untuk sabun colek tersebut, sy setuju dng tanggapan Pa Gi'. Rasio antara DBS/ABS dengan NaOH untuk pH Netral diperlukan rasio min 6,5 : 1 . belum termasuk Soda Abu.
Sehingga produk tersebut tentu masih licin ditangan dan akan boros Air u bilas,

Pemakaian Tawas juga tidak begitu manfaat dan jarang orang pakai itu.

mudah-mudahan pengalaman saya benar adanya.

salam
Niko Pramudyo