Minggu, 01 Januari 2017

Banyak pemain potensial ingin pulang ke Indonesia dari Eropa dan Timur Tengah

Tak Hanya Ezra Walian, Sejumlah Pemain Jadi Target Naturalisasi

01-01-2017 14:03

Tak Hanya Ezra Walian, Sejumlah Pemain Jadi Target Naturalisasi
Ezra Walian © Ajaxshotime
Bola.net - Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto membeber tak hanya Ezra Walian yang menjadi target untuk dinaturalisasi dalam waktu dekat ini. Ada sejumlah nama lain, sambungnya, yang diupayakan agar bisa memegang paspor Indonesia dalam waktu dekat ini.

"Pagi ini, saya dapat kabar dari Duta Besar Indonesia di Spanyol, Yuli Mumpuni, agar Menpora berkirim surat pada seluruh Duta Besar Indonesia di seluruh Eropa dan Timur Tengah, karena ditengarai banyak pemain potensial dan mereka ingin pulang ke Indonesia," ujar Gatot.

Menurut Gatot, ada beberapa pemain yang saat ini sudah menyatakan keinginannya untuk memperkuat Indonesia. Dari Valencia, Spanyol, ada dua pemain yang tersedia. Selain itu ada seorang lagi dari Belanda.

"Dari Qatar ada Andri Syahputra. Sayang kalau sampai talentanya diambil negara lain," tuturnya.

"Sementara, untuk yang lain, namanya belum bisa kami munculkan," ia menambahkan.

Sebelumnya, Kemenpora sudah mengeluarkan rekomendasi ke Menteri Hukum dan HAM untuk memproses naturalisasi Ezra Walian. Mereka berharap agar proses naturalisasi lekas rampung dan pemain berusia 19 tahun tersebut bisa lekas memperkuat Skuat Garuda, julukan Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, meski berencana melakukan sejumlah naturalisasi, Gatot menegaskan bahwa Timnas tak akan melulu diisi pemain-pemain naturalisasi. Menurutnya, langkah naturalisasi yang dilakukan pemerintah adalah karena adanya talenta-talenta keturunan Indonesia yang berminat memperkuat Timnas Indonesia.

"Setelah dari Malang, saya akan segera lapor ke Menpora. Jika memang beliau berkenan, kami akan kirim surat ke seluruh Dubes di Eropa dan beberapa di Timur Tengah," tandasnya. (den/gia)

Tidak ada komentar: