Selasa, 11 April 2017

Pengolahan Air dengan Kadar Kapur Tinggi Menjadi Air Layak Pakai


 

LKS – SMK XXV

Product Innovation



Diusulkan:
Dwika Renandya Trias Andrian
NISN 3346/3346.042 Kimia Industri

Reihan Ashrifanda
NISN 3426/3426.042 Kimia Industri


A. Judul
Pengolahan Air dengan Kadar Kapur Tinggi Menjadi Air Layak Pakai
B. Latar Belakang

Masalah air bersih merupakan hal yang paling fatal bagi kehidupan kita. Dimana setiap hari kita membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya. Dengan air yang bersih tentunya membuat kita terhindar dari penyakit. Saat ini masalah air bersih merupakan barang yang langka di Indonesia. Ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolahan air. Sulitnya mendapatkan air bersih juga terjadi di daerah Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kami berkunjung ke daerah Donomulyo beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 3-6 April 2017. Tujuannya untuk melakukan Analisa sumber air yang digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.
Di daerah Donomulyo sangat sulit mendapatkan air bersih yang layak dipakai. Karena sebagian besar tanahnya berupa kapur,jika ingin membuat sumur maka harus menggali sedalam ± 100 meter. Air yang ada didalam sumur banyak mengandung zat kapur. Pada penggunaan jangka panjang, air sumur yang mengandung kapur dapat memicu berbagai macam gangguan kesehatan dan timbulnya bermacam penyakit bagi tubuh yang mengkonsumsinya.
Ciri-ciri sumber air daerah Donomulyo,yaitu : (1) Jika dipergunakan untuk mencuci ( dengan sabun atau detergen ), busa yang dihasilkan relatif lebih sedikit. (2) Terasa agak licin, terutama pada waktu digunakan secara bersamaan dengan sabun saat mandi. (3) Jika dipanaskan / dididihkan ( dipergunakan sebagai air minum ) akan meninggalkan lapisan kerak berwarna putih di dasar wadah. (4) Air terasa kurang segar. Dari ciri-ciri diatas dipastikan bahwa air pada Daerah Donomulyo merupakan air berkapur atau juga disebut sebagai air sadah. Air sadah adalah air yang mengandung ion kalsium dan ion magnesium dengan konsentrasi tinggi.
SMK Putra Indonesia Malang adalah Sekolah Satu Satunya dan pertama di kota Malang sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Program Keahlian KIMIA INDUSTRI dan Muatan Lokal Kefarmasian. Dengan adanya permasalahan tersebut, dengan kemampuan yang kami miliki, kami melakukan penelitian  pengolahan air kapur dengan bahan kimia secara efektif  untuk keperluan mandi dan mencuci. Air di daerah Donomulyo terpilih sebagai sampel percobaan ini sebagai air yang diduga mengandung zat kapur tinggi.

C. Perumusan Masalah
·         Bagaimanakah cara menganalisis air sadah (air kapur)?
·        Bagaimanakah cara pengelolahan air dengan kadar kapur tinggi agar menjadi air layak pakai ?
D. Tujuan dan Sasaran
·        Mengetahui tingkat kesadahan air sample?.
·        Mengetahui cara pengelolahan air dengan kadar kapur tinggi menjadi air layak pakai dengan metode  
E. Manfaat
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan terjadi di Donomulyo dengan pengetahuan yang kami miliki, juga untuk menambah pengalaman dan pengetahuan. Air di daerah Donomulyo selama init idak dapat digunakan secara maksimal karena kadar kapurnya yang tinggi. diharapkan penelitian ini dapat membantu pengadaan air layak pakai kebutuhan sehari-hari dengan cara yang sederhana.
F. Peralatan
1. Analisa Kesadahan Air
a.       Neraca analitik
b.      Beaker glass
c.       Labu ukur 50ml
d.      Labu ukur 100ml
e.       Pipet volume 10ml
f.       Pipet ukur 10ml
g.      Erlenmeyer 250ml
h.      Klem
i.        Statif
j.        Buret
k.      Gelas ukur 50ml
o.    2. Pengolahan Air sadah menjadi Air Layak Pakai
a.       Beaker glass
b.      Pengaduk
c.       Corong
d.      Erlenmeyer 250ml
e.       Kertas saring
G. Deskripsi Produk Inovasi
Air Layak Pakai
Inovasi produk ini dari pengolahannya yang menggunakan Natrium karbonat dan PAC. Pada umumnya orang lebih sering menggunakan tawas  dan PAC. Hal ini dikarenakan endapan  yang dihasilkan dari Natrium Karbonat lebih kecil kelarutannya dibandingkan endapan yang dihasilkan dari tawas.Sehingga proses penurunan kesadahan air lebih efektif.
Air dari produk yang dihasilkan mengandung kadar Ca dan Mg yang rendah. Sehingga jika air digunakan untuk mencuci pakaian busa yang dihasikan lebih banyak.Air terasa lebih segar. Jika dimasak tidak menimbulkan kerak. Air terlihat lebih jernih.

Air sampel
  
Air Sampel +
 
Air Sampel +  + PAC

Air Hasil Pengendapan dan Penyaringan


Dipuplikasikan di :

Tidak ada komentar: