Selasa, 23 Mei 2017

Kenakan Baju Betawi, Jokowi Sambut Raja Swedia di Istana Bogor

Senin 22 Mei 2017, 12:16 WIB

Ray Jordan - detikNews
Bogor - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Swedia Sylvia telah tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kehadiran mereka disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.
Raja Gustaf dan Ratu Silvia tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat sekitar pukul 11.25 WIB, Senin (22/5/2017). Raja Gustaf dan Ratu Silvia datang dengan menumpangi mobil kepresidenan jenis sedan warna hitam.

Sesaat setelah memasuki Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Raja Gustaf dan Ratu Silvia disambut oleh barisan anak sekolah yang mengenakan pakaian adat berbagai daerah Indonesia. Mereka juga mengibarkan bendera kecil Indonesia dan Swedia.

Tiba di depan teras Istana Bogor, keduanganya langsung disambut oleh Jokowi dan Iriana. Jokowi tampak mengenakan setelan baju khas adat Betawi. Sedangkan Iriana tampak mengenakan kebaya berwarna merah.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Raja Gustaf untuk untuk mengikuti upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan Swedia dan Indonesia Raya dikumandangkan oleh marching band Paspampres diiringi dengan letusan meriam sebanyak 21 kali.

Jokowi menyambut kedatangan Raja Swedia.Jokowi menyambut kedatangan Raja Swedia. Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden.


Setelah lagu kebangsaan selesai, Jokowi mengajak Gustaf untuk mengecek barisan, termasuk barisan anak-anak sekolah berpakaian adat khas daerah Indonesia.

Kemudian Jokowi mengajak Raja Gustaf untuk jalan santai melihat suasana Istana Kepresidenan Bogor nan hijau. Keduanya terlibat perbincangan santai sambil melihat-lihat sekitar Istana.

Sementara, Iriana dan Ratu Silvia tampak berjalan di belakang Jokowi dan Gustaf. Keduanya tampak akrab berbincang.

Presiden Jokowi mempersilakan Raja Swedia menanam pohon.Presiden Jokowi mempersilakan Raja Swedia menanam pohon. Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden.
Jokowi dan Gustaf kemudian berhenti di sebuah titik, di mana keduanya akan melakukan penanaman pohon. Jokowi mempersilakan Gustaf untuk melakukan penanaman pohon.Hingga pukul 12.00 WIB, Jokowi masih bersama Gustaf. Keduanya akan melakukan perbincangan santai di beranda Istana Kepresidenan Bogor atau disebut 'Veranda Talk'.Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan penandatanganan nota kesepahaman bersama dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama.Sementara itu, di sela pertemuan bilateral, Ibu Negara Iriana mengajak Ratu Silvia untuk melakukan kegiatan spouse program di Istana Kepresidenan Bogor.
(jor/aan)

Tidak ada komentar: