Selasa, 19 Desember 2017

Kebijakan Baru AS, Tiongkok Adalah 'Lawan'

| editor : 
Donald Trump
Donald Trump (Reuters)
JawaPos.com - Dua pejabat senior Amerika Serikat (AS) mengatakan, Presiden AS Donald Trump akan menyusun strategi keamanan nasional AS yang baru berdasarkan kebijakan America First atau Amerika harus jadi yang pertama. Kebijakan baru tersebut memperjelas kalau Tiongkok adalah lawan.
Trump memuji Presiden Tiongkok Xi Jinping. Namun ia juga menuntut agar Beijing meningkatkan tekanan pada Korea Utara (Korut) untuk menghentikan program nuklirnya serta mengubah praktik perdagangan agar lebih menguntungkan AS.
Menurut pejabat AS, strategi keamanan nasional yang akan digulirkan Trump seharusnya tidak dilihat sebagai usaha untuk menahan Tiongkok namun untuk memperlihatkan tantangan yang berasal dari Tiongkok.
"Strategi keamanan nasional masih disusun. Namun strategi itu juga bisa membalikkan deklarasi Presiden Barack Obama pada bulan September 2016 bahwa perubahan iklim merupakan ancaman bagi keamanan," kata seorang pejabat AS.
Para pejabat AS mengatakan, Trump akan mengeluarkan prioritas kebijakan luar negerinya dengan menekankan komitmennya terhadap America First seperti membangun militer AS, menghadapi militan Islamic State, dan mengatur kembali hubungan dagang agar Amerika lebih kompetitif.
AS dibawah Trump semakin agresif kebijakannya. Hubungan AS semakin memanas dengan Korut karena Trump saling berkata kasar dengan Kim Jong Un.
(Reuters/met/JPC)

Tidak ada komentar: