Selasa, 06 April 2010

PENGOLAHAN AIR ANTI KERAK-KOROSI-DISPERSANT-BIOCIDES


Dengan bahan sederhana kita dapat  ramu sendiri ,bahan yang sudah banyak dikenal, haruskah kita hanya membanggakan produk luar negeri?, padahal kita bisa membuatnya sendiri !

Meliputi :
1. Cooling tower http://www.industry-animated.org/coolingtower.htm
a. Merawat dan membersihkan dari kerak
b. Merawat dan membersihkan dari korosi
c. Merawat dan membersihkan dari Lumut
dengan tetap beroperasi /berhenti
2. Chiller http://www.youtube.com/watch?v=vHLKKd04hfk
a. Merawat dan memberrihkan dari kerak
b. Merawat dan membersihkan dari korosi
dengan tetap beroperasi /berhenti
3. Boiler
a. Merawat dan membersihkan dari kerak
b. Merawat dan membersihkan dari korosi
dengan tetap beroperasi /berhenti

Automotive Care :
Radiator :
Perawatan radiator sangat penting bagi sebuah mobil, karena disana kunci dari performent dari sebuah kendaraan. Mengapa demikian ? mesin mobil digerakkan dari hasil pembakaran bensin yang menghasilkan panas cukup tinggi (andai tanpa bisa mencapai ratusan / ribuan derajat Celsius) yang selama ini bisa dikendalikan dengan menggunakan :
a. udara yang bergerak berlawanan dengan arah gerak mobil
b. Oli mesin
c. Air radiator
Air ? bila kita amati disekitar kita, tidak jarang air mineral sebagai air pendingin, bahkan lebih parah lagi sembarang air di gunakan sebagai pendingin.
Haruskah demikian ?..........
Tidaklah mengherankan bila ada mobil dalam waktu beberapa tahun saja sudah harus servis/ganti radiator karena radiator yang berkerak ….. karena ada keraknya pendinginan terhambat…… maka tidak jarang ada mobil mesin memanas , yang seharusnya dingin (karena sudah disediakan pendingin dari tiga komponen (udara ,Oli dan air). Meskipun kerak masih sedikit/ tipis menempel dipipa radiator pasti sudah mengurangi efisiensi pendinginannya.
Air apa yang harus dipakai ?
Jangan air mineral , air sumur, air sungai ……..mineral yang ada didalam setelah terkena panas akan membentuk endapan yang menempel pada bagian panas (pipa radiator)…. Inilah kerak.
Bagaimana supaya tidak terjadi hal yang demikian ?
Bila sampai terjadi endapan tapi tidak menempel di pipa radiator !
Air yang digunakan seminimal mungkin menumbuhkan kerak!
Tidak menyulitkan kita membersihkan kerak di pipa yang kecil, sempit, berbelok dll !
Air tidak cepat habis ! mengapa bisa habis ? bila mesin jauhi melebihi 100oC, maka air pendingin akan menguap…… air pendingin semakin habis …..semakin habis ……
Bagaimana agar hal ini tidak terjadi ………………… biasanya diberi Coolant !
Mau tahu resep formulanya untuk mengatasi itu semua?
Contact :
Email :
sugianto.gik256@gmail.com
HP : 081313430785
PERAWATAN AIR
BOILER,COOLING TOWER,CHILLER, REFRIGERANT,RADIATOR CAR/AUTO

Ada tanggung jawab hukum dan moral yang pasti dari manajemen untuk memastikan kehandalan utilitasnya(sarana penunjang proses seperi boiler, cooling tower,Chiller) dan layanan yang optimal bagi pelanggannya, dalam operasi terus-menerus harus dapat dipastikan bahwa boiler, cooling tower dan chiller bekerja dengan efisien dan aman, tidak ada kerusakan peralatan atau bahaya fisik yang bisa terjadi.
Air menjadi bagian yang sangat penting dalam peralatan tersebut, air harus dibersihkan dari kotoran yang tampak maupun tidak tampak , yang tidak larut maupun yang larut agar tidak memberikan masalah yang berarti. Untuk air yang dijadikan umpan ke peralatan (boiler, cooling tower dan chiller) harus tidak mengandung mineral karena dengan adanya mineral akan menyebabkan terjadinya kerak, korosi dan pengotor lain yang akan menghambat perpindahan panas dan menurunkan efisiensi / kinerja peralatan tersebut. Selama ini yang banyak dipakai untuk menghilangkan mineral dengan baik adalah penukar ion (ion echanger).
Masalah yang sering dihadapi pada boiler, cooling tower, chiller dan peralatan sejenisnya adalah sebagai berikut:
Kerak
Secara umum, kerak menyebabkan :
a. kebutuhan bahan bakar meningkat dengan mengurangi efisiensi operasional
b. kerusakan termal terhadap peralatan
c. terjadwal down-time
d. biaya dan waktu membersihkan meningkat
e. mengurangi umur boiler
Korosi.
Secara umum, korosi menyebabkan :
a. mengurangi ketahan alat dan keamanan alat
b. kerusakan termal terhadap peralatan
c. terjadwal down-time
d. biaya dan waktu membersihkan meningkat
e. mengurangi umur boiler
Korosi merupakan salah satu masalah yang paling serius dalam operasi boiler. oksigen terlarut dan karbon dioksida penyokong utama terjadinya korosi.
Magnetit
Boiler baja sering dilindungi dari efek korosi dengan lapisan tipis magnetit. Lapisan tipis ini ditemukan paling stabil pada kisaran pH 11-12 dan menyediakan film tetap utuh, pada dasarnya ak`n berkarat, Oksigen terlarut merupakan bahaya utama , karena suhu dan tekanan yang tinggi serta waktu kontak yang cukup lama dapat mengubah kenyataan tersebut. Bukti menunjukkan meskipun seluruh peralatan dan perpipaan sudah dibuat dari baja di lapisi bahan tahan karat masih juga dapat berkarat, untuk ini pelindung. Properti menguntungkan adalah tambahan film magnetit dengan konduktivitas termal yang sangat baik dan mengikat oksigen (+ penyebab korosi yang lain) sebelum beraksi lebih ganas lagi, umumnya digunakan oxygen scavenger.
Kaustik Cracking
Ini adalah tipe khusus dari korosi, sering disebut sebagai embrittlement kaustik, adanya kadar kaustik yang cukup tinggi dalam waktu yang lama , suhu dan tekanan tinggi sering kali membuat retakan pada boiler.
Carry over dan priming
Carryoverdan priming menggambarkan kontaminasi uap dengan air boiler. Hal ini dapat disebabkan terbentuknya gelembung busa yang terbawa uap oleh uap (boiler), denga terbawanya air oleh uap(Priming) akan menyebabkan system perpipaan yang dilewati uap juga akan menjadi target berikutnya diserang korosi dan kerak , demikian juga dengan carry over (padat terbawa uap karena kondidsi boiler yang sudah banyak partikel). Tinggi konsentrasi padatan dalam boiler menyebabkan air berbusa dan kontaminasi lain.
Lumut
Pada cooling tower seringkali pengotor yang tidak biasa ada di boiler maupun chiller yaitu adanya organisme yang hidup dalam aliran air misalnya lumut, ini harus mendapatkan perhatian besar karena hal ini dapat mendorong terjadi kerak, korosi dan kontaminan lain ke dalam aliran perpipaan.
Dan kenyataanya sudah semua boiler,cooling tower dan chiller yang beroperasi saat ini sudah menggunakan air yang bebas mineral (aqua DM) untuk mengurangi kerugian –kerugian karena adanya kerak, korosi dan kontaminan lain sedini mungkin, dan kenyataannya , bila hanya dengan menggunakan air umpan masuk bebas mineral tidaklah cukup/belum dapat menyelesaiakan masalah , tetap saja peralatan tersebut masih bermasalah dengan kerak, korosi dan pengotor lainnya’.
Cukup memprihatinkan, ternyata banyak dari teman-teman kita masih menggunakan asam klorida, soda Api (NaOH di pabrik gula) dan sejenisnya untuk menghilangkan kerak , patut diprihatinkan ! bagaimanapun asam klorida tidak hanya mengenai kerak dan korosi tapi juga mengenai logam/baja dalam waktu yang relatif lama (untuk menghancur kerak dengan HCl tidak seperti orang bermain sulap) dan juga harus jadi pertimbangan lagi , pembersihan dengan HCl atau NaOH ini harus menghentikan proses, berapa kerugian akibat penghentian proses, berapa lama waktu memperbaikinya? Mengingat kerugian yang ditimbulkan dari penghentikan proses dan korosifitas NaOH/HCl managemen sering memilih perawatan peralatan dengan boiler, cooling tower dan chiller dengan system perawatan peralatan tetap beroprasi. Dengan system ini memang sudah sangat banyak kemajuan , kerak keras yang dihasilkan sudah sangat berkurang, kerak dan korosi menjadi lebih lunak,namun karena beropeasi terus menerus(berubah dari panas-dingin dingin-panas) endapan lunak itupun menempel juga di pipa, semakin lama semakin tebal. Mungkin banyak orang berpikir tidak masalah karena endapan itu lunak, bagaimana kita dapat mengeluarkannya bila sudah masuk system perpipaan yang berbelok-belok, masuk ke ruangan, diameter semakin kecil dan semakin kecil ?
Perkembangan terkini dari korosi dan kerak yang disebabkan air bolier,cooling tower dan chilller sudah menjawab menjawab masalah yang kita hadapi, kondisi ini harus segera menjadikan perhatian, bila tidak kerak dan korosi ini akan menyumbat air ,uap dan kondensat serta menggerogoti peralatan kita, …… dapat membahayakan keselamatan kita semua. Saat ini sudah banyak dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini anda bisa meramu sendiri / membuat formulasinya. Dengan dengan mengetahui bahan yang digunakan, komposisinya dan aturan pemakaiannya !
Chemical Boiler , cooling tower, chiller water treatment :
1. Scale and corrosion inhibitor ( penghambat kerak dan korosi) yang berporesasi pada PH rendah atau tinggi atau sekitar netral netral,
2. Dispersant yang berfungsi menghancur endapan lunak yang semakin menebal sehingga dapat diblowdown dan tidak mengganggu kinerja peralatan dan perpindahan panas berlangsung lancer.
3. Oxygen scavenger (pengikat O2), untuk mengikat oksigen dan unsur lain penyebab korosi
4. Gabungan Kerak dan korosi inhibitor , dispersant
5. Biocides, inhibitor lumut dan mikroorganisme lain yang dapat menggangggu proses dalam cooling tower
6. Dan lain lain
Anda ingin membuat formulasi sendiri ? Informasi lebih lanjut hubungi:
email: sugianto.gik256@gmail.com , hp : 081313430785

35 komentar:

Anonim mengatakan...

Yang kami hormati

Menyambung pembicaraan dengan bapak , maka kami ingin formulasi untuk :

1. Cooling tower terbuka :
- Scale and corrosion inhibitor dengan PH 2 max dan PH 8 - 9
- Biocide
2. Cooling tower tertutup atau Chiller
- Scale and corrosion inhibitor
- anti lumut.
3. Boiler :
- Oksigen scavanger and metal passivator for boiler
- Scale and corrosion inhibitor.
- steam & condensate treatment for boiler , neutralizing amine , mencegah korosi.

Saya jmenunggu kabar baik ini secepatnya,

Matur nuwun

hormat
I widajat

Sugianto mengatakan...

dear Pak ismoe,
tolong dibuka sudah dapat di lampiran file, nanti saya sambung lagi
wassalam
sugianto

Anonim mengatakan...

Yang kami hormati.

Good pak, sedikit ada revisi pak.

1. Cooling tower :
- Scale and corrosion inhibitor dengan PH 2 max dan PH 8 - 9
ada 2 formulasi dan corrosion inhibitornya phospate base.
anti scaling nya adalah polymer base.

kalau bapak memberikan formulasi nya , apa bisa diberikan kemana saya harus beli bahan baku tersebut agar mempermudah pak ( misalnya PT United Chemical or lainnya ).
Setelah saya memakai formulasi dari bapak , dan ada masalah apa bapak masih mau membantu dalam memecahkan nya, maaf pak.

Apa bapak punya no HP XL atau ESIA supaya lebih murah untuk komunikasi .

apakah Rp 500 ribu itu untuk semua formulasi ( cooling tower, Chiller dan Boiler ) pak.

Matur nuwun pak

wasslam
Widajat

Sugianto mengatakan...

Dear Pak ismed,
sebaiknya , bila bapak menggunakan scale base phospate inhibitor corrosionnya juga base phosphate , karean dikwatirkan bila menggunakan bahan lain phospatnya tidak mengaman terhadap korosi malahan bereaksi dengan polimer non posphat., tapi bila anda minta saya usahakan,
dalam perberian formulasi saya berikan dengan nama kimianya agar dapatlebih mudah di cari, bukan nama dagangnya (rumus kimia boleh) , distributor saya tidak bisa menunjuk tapi anda dapat ke Bratachem yang sudah ada cabangnya dimana-mana !
nama dagang serikali membuat bahan yang sederhana menjadi komplex karena setiap pedagang dapat membuat sendiri sendiri.
bila ada kesulitan atau masalah ( kerak korosi, lumut dan sejenisnya ) bapak dapat menhubungi saya ke Hp atau email atau bila formula bahan yang saya kirimkan tidak didapatkan dipasaran , akan saya usahakan untuk mendapatkan pengganti bahan tersebut yang dapat ada di pasaran
saya tunggu kabar selanjutnya dari anda
best regards
sugianto

Sugianto mengatakan...

Dear Pak widayat,
sebelumnya mohon maaf , scale inhibitor yang saya punya masih Phosphatr base , untuk non phosphate base , semenrata ini organic base bagaimana ?
best regards
sugianto

Anonim mengatakan...

yang kami hormati.

Terima kasih semua informasinya.

saya akan mentransfer biaya tsb pada tgl 1 Maret 2010,

Wassalm
I Widajat

Anonim mengatakan...

Yang Kami Hormati

Uang hari ini saya transfer Rp 500 ribu lewat BNI
Saya tunggu kiriman formulasinya, kalau bisa hari ini /.

Matur nuwun

wassalam
I Widajat

Sugianto mengatakan...

Dear pak ismoe,
saya kirim formulasi ini dalam lampiran file , tolong dibuka apabila ada yang kurang jelas/berkenan, tolong disampaikan untuk segera saya perbaiki
sementara itu saja
best regards
sugianto

Anonim mengatakan...

Dear Pak Sugianto

Terima kasih informasikan yang telah diberikan kepada kami.

Kalau mengirim lagi memakai microsoft 2003 aja pak,

Saya tunggu kabar baiknya

wasslam,
I Widajat

Sugianto mengatakan...

Dear Pak ismoe,
sebelumnya mohon maaf yang sebesarnya, karena saya salah mengirim file , sekarang saya kirim yang sebenarnya, mohon dikoreksi , bila belum sesuai mohon dapat saya perbaiki lagi
best regards
sugianto

Anonim mengatakan...

Yang kami hormati

Matur nuwun pak semua informasinya.

wassalam

I Widajat

Anonim mengatakan...

Terima kasih pak

1. Silicone emulsion : bahan ini untuk release agent pada cetakan alumunium. or moulding release agent.
2. Tolong % ( persentasi ) dari lampiran yang saya attached di buatkan pak bahan kimia nya pak.

Untuk boiler apa sama FORMULASI untuk tekanan RENDAH , MENENGAH , TINGGI.

Matur nuwun pak, saya menunggu kabar baik pak

wassalam

I Widaajat

Anonim mengatakan...

Terima kasih informasinya

Pak kalau mengirim lampiran pakai word 2003. saja


matur nuwun
I Widajat

Anonim mengatakan...

Scale and corrosion inhibitorn untuk open cooling water spect

1. PH 1 - 2
2. SG 1 - 2
3. PHOSPAT ( P2O5 ) = 4.5 - 5.5

Pak tolong carikan juga despersant agent untuk formulasi tsb. agar sluge yang terbentuk bisa terikut keluar water basin dan di blowdown.
regards
widayat

Anonim mengatakan...

Dear pak

Pak bisa email pengetahuan untuk boiler , cooling tower , Chiller untuk presentasi .

saya tunggu formulasi untuk Chiller dan boiler nya pak

Terima kasih
wassalam
I Widajat

Anonim mengatakan...

Dear p ismoe,
pengetahuan cooling tower dulu ya pak
lainnya besuk , belum sempat lihat di email

wassalam
sugianto

Sugianto mengatakan...

dear Pak ismoe,
tolong dibuka sudah dapat , nanti saya sambung lagi
wassalam
sugianto

Anonim mengatakan...

Dear pak

Matur nuwun kabeh infone pak.

Sampeyan lulusan ITS teknik kimia ,
masuk th n lulus tahun piro pak ?

wassalam

I Widajat

Anonim mengatakan...

Dh, Bpk Sugianto

Menyambung pembicaraan kita via telpon, berikut ini saya lampirkan jenis produk yang rencananya akan saya coba buat usaha kecil2an. Mohon bisa dibantu mendampingi.Terima kasih.

hormat saya,


Ir. Henkie Hindarto

Anonim mengatakan...

halo pak sugi, saya mau nanya, gimana cara pengolahan STP yag baik??
saya pingin mempelajarinya lebih jauh,..

thx
tommy(bali)

Anonim mengatakan...

Bolehlah pak sugi, mampir aja. btw ada kunjungan apa di bali pak sugi?
kapan lg ke bali pak sugi??

STP pengertian saya adalah Sewage Treatment Plan(kalo gak salah ya,,,)
suatu sistem pengolaha limbah,.. yang ingin saya pelajari terutama limbah rumah tangga (Limbah Kotoran dari kloset, limbah sabun, dll). saya pernah denger dari temen bahwa limbah rumah tangga di tampung ke dalam suatu bak penampungan kemudian di proses, nah hasil dari proses ini menghasilkan air bersih yang bisa dipake untuk menyiram tanaman, dll
mudah2 pak sugi mengerti dengan apa yang saya maksud,, dan sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas tanggapan dari bapak.

kalo boleh, saya mau menanyakan cara membuat bahan2 untuk laundry, saya berencana menjual bahan2 untuk laundry,.. pengetahuan saya sangat kurang untuk bahan2 itu,...

terima kasih pak sugi
salam kenal,..
tommy bali

Anonim mengatakan...

selamat pagi,
wah pak sugi orang malang yah,
btw saya pernah di malang selama 5 tahunan,.. saya kuliah di arsitektur itn,..
cuman baru beberapa bulan ini saya sedang menekuni bahan kimia untuk laundry,(pelembut pakaian, parfume,detergent, pemutih, dll)..cuman informasi tentang formula2 itu belu saya dapatkan
mohon petunjuknya pak sugi,..

terimakasih
tommy

Anonim mengatakan...

selamat pagi,
masih bisa di kurangi nggak, untuk paket tsb??
Secara garis besar isi paket itu apa saja?? apakah paket itu berisi info yang lengkap, termasuk bahan2, cara pembuatan, cara pemakaian??
thx, saya tunggu kabar baiknya

best regards
I Gede Tommy Ambarayasa, ST (Bali)

Anonim mengatakan...

Dh, Bpk Sugianto

Menyambung pembicaraan kita via telpon, berikut ini saya lampirkan jenis produk yang rencananya akan saya coba buat usaha kecil2an. Mohon bisa dibantu mendampingi.Terima kasih.

hormat saya,


Ir. Henkie Hindarto

Anonim mengatakan...

From:
henkie hindarto

trims, data sdh saya terima . nanti saya pelajari dan coba dulu ya .

Anonim mengatakan...

Yth.
Bapak Sugianto
Dengan hormat,
Sudah dua bulan ini, saya sering melihat home page Bapak, setelah selesai saya selalu berfikir dan menganalisa, dan hampir satu bulan ini saya terpikirkan tulisan-tulisan dan produk2 yg bapak tampilkan. Baru awal tahun 2010 ini, saya putuskan untuk kontak bapak by email.
Saya sebelumnya bekerja di Jakarta di perusahaan kimia, produk yg saya tawarkan ke industri2 adalah hampir sama dg yg ada di home page bapak, dr mulai cooling tower treatment, WWTP sampai dengan industrial cleaner.
Namun beberapa tahun saya bekerja, kehidupan saya tetap biasa-biasa saja, bahkan giliran sekolah anak butuh biaya, saya sering bingung cari pinjaman. Awal tahun ini saya putuskan menghubungi bapak dan pengen ketemu bapak, untuk mengaplikasikan apa yg ada dalam benak saya selama ini. Bagaimana caranya bisa menjual produk kimia industri dari hasil produk saya sendiri.

Saya memang tidak punya modal, tapi saya punya kemauan keras harus berhasil di tahun ini, saya punya beberapa pelanggan di jakarta, mungkin bisa jadi titik awal untuk jalan. Dengan kemauan dan tekad saya yang keras ini, bisakah bapak meluangkan waktu beberapa jam untuk saya berdiskusi tentang kimia industri, agar saya bisa lebih percaya diri dan bisa mengembangkan produk kita ini.

Saat ini saya tinggal di Yogyakarta, butuh waktu beberapa jam ketempat Bapak. Kapan waktu yang tepat mohon saya diberikan informasi.
Terimakasih atas bantuannya.

Wassalam

Supriyono

Anonim mengatakan...

Yth. Bapak Sugianto
di
Malang

Dengan hormat,

Maaf pak, saya baru baca email dari Bapak Sabtu malam, jadi langsung saya balas, Saya usahakan Minggu pagi (subuh) saya berangkat ke Malang, mungkin saya sampai di Malang Siang hampir sore. Tapi saya punya No. HP Bapak, sambil di Jalan nanti saya kontak Bapak. Saya naik Bis saja biar cepat. Saya berharap bisa bertemu Bapak pada hari Minggu. Karena moment ini penting bagi kehidupan saya.

Demikian saya sampaikan, terimakasih atas kesediaannya.

Hormat saya.
Supriyono

Anonim mengatakan...

dear ece suratman,
boiler
formula untuk boiler PH diatas 7(basa), mencegah terjadinya kerak & korosi lebih dominan kerak
PH dibawah 7(asam), mencegah terjadinya kerak & korosi lebih dominan korosi
sering juga dipadu pada PH sekitar 7 (6-8) , dengan menggabungkan bahan diatas , untuk perawatan perawatan penggunaan bahan relatif sedikit 4-5 ppm (part/million atau miligram/liter)
formula ini juga dapat digunakan untuk boiler yang sudah ada keraknya , dibersihkan dengan tetap operasi (tanpa harus dihentikan)
Chiller & cooling tower, untuk perlindung kerak dan korosi ......................
Perlindungan cooling dari lumut juga bisa dilakukan dg..............................
untuk formula ini + konsultasinya cukup dengan membantu biaya referensi Rp 500.000


Apabila kerak sudah cukup tebal , proses dalam operasi pertukaran panas menjadi tidak effisien
umumnyaoperasi harus dihentikan , dibongkar, dihancurkan kerak yang membatu, dengan penggantian pipa dll
seingga memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit serta ...............................
belum lagi bila batu/ kerak tersebut mengandung silikat lebih sulit dhancurkan .....................
untuk formula ini cukup dengan rp 200.000

atau masih yang lain ?
saya tunggu kabar selanjutnya dari anda
best regards
sugianto



sebagai make up water air harus air tanpa mineral (aqua demineralized), ..........................
Colling torwe
nulis:

Anonim mengatakan...

Pak Sugianto saya sangat apresiatif sekali terhadap formula yang Bp.
tampilkan. Saya tertarik untuk membuat sendiri formula : Chemical
boiler, cooling tower, chiller water treatment.
Nama saya : Ece Suratman
Alamat : Griya Serpong Asri BB5/1 Suradita, Cisauk, Tanggerang, Banten.
Phone : 021-91267431, 087881747019
e-mail : esuratman123@gmail.com

Anonim mengatakan...

Oh ya, pak berapa yg harus saya transfer untuk formula Chemical
boiler,cooling tower,chiller water treatment. Terima kasih
dari : Ece Suratman

Anonim mengatakan...

Terima kasih Pak Sugianto sudah memberikan penjelasan. Jadi untuk
paket Chemical boiler, cooling tower ( termasuk anti lumut ), Chiller.
dan proses Cleaning Saya harus transfer Rp. 700.000,00. saya minta
nomor rekening Bapak, apa ada rekening BCA.

Demikian dari saya Ece Suratman.

Anonim mengatakan...

Selamat pagi Pak Sugianto,

- yang saya maksud MPC adalah Multi Purpose Cleaner, untuk menghilangkan debu, minyak, grease, pada perkakas, peralatan, lantai, furniture, aman untuk plastik, cat, acrylic, karet, marmer, cashing elektronik.

- Water base Air freshner, untuk pengharum ruangan dan menghilangkan bau apek, di jual dalam kemasan galon atau jerigen, pemakaian memakai semprotan burung, kalau yang solvent base mahal ( seperti Bay fresh ).

- Pickling. Kalau stainless dilas, bekas las akan meninggalkan kerak hitam kecoklatan, untuk menghilangkannya digerinda atau diamplas sampai mengkilat kembali, atau memakai pickling paste.

Demikian produst yang saya maksud, terima kasih. Selamat pagi.

Anonim mengatakan...

Baru saja aku dapat alamat bapak ini melalui warnet dan saya baru tau pula bahwa ada yang bisa memberikan formulasi untuk yang saya cari-cari selama ini. Tolong pak apa nama bahan kimia untuk yg tsb diatas dan toko kimia mana saja yang menjualnya?
Mohon diberitahukan persyaratan apa untuk mendapatkan formulasi ini.
Salam dan hormat saya,
Ernest P.

Anonim mengatakan...

Selamat siang Pak Sugianto,

Pak Sugianto, saya sudah dapat sumber Ascorbic Acid. 1 kg = 79 ribu.

Pak kalau seandainya kita sudah ada konsumen buat kimia boiler. Dalam
hal analisa air, unsur apa yang paling penting yang harus ditest, yang
menggambarkan bahwa produk kita bekerja dengan baik ? Dimana dari
hasil analisa itu kami akan memberi laporan ke konsumen setiap bulan.

Pak Sugianto saya ada contoh evaluasi treatment boiler dari produk NALCO

1. Pembahasan data
Berdasarkan data analisa air tanggal 200/1/1992, beberapa
parameter kurang dikontrol :

Sample name Unit Nilai
Rekomendasi

Conductivity Umhos 7000
5000
Silica ppm SiO2 149
150 ( max )
O-Phospate ppm PO4 13.3 20
Sulphite ppm SO3 2.5
30
T-Hardness ppm CaCO3 30
2.0 ( max )

2. Evaluasi Treatment

Kemungkinan kerak telah terbentuk. Lihat juga surat kami tertanggal 20
mei 1991, dimana telah disebutkan bahwa T-Hardness tinggi dengan dosis
phospat yang kurang, telah tewrjadi kerak.

Injeksi bahan kimia kurang, sehingga residual yang diinginkan tidak
tercapai. Tambahkan injeksi bahann kimia sebagai berikut :

Produk Dosis semula
Dosis baru

N-19 16 kg/ 1 ton air
50 kg/ 1 ton air

N-8257 20 kg/ 1 ton air
60 kg/ 1 ton air

N -7203 10 kg/ 1 ton air
30 kg/ 1 ton air

Untuk menjaga parameter dalam batas yang direkomendasikan, lakukan
blowdown yg tepat.

Contoh : Konduktivity 7000 umhos
Standard 5000 umhos
Kelebihan 2000 umhos

2000
% BD -------- X 100 % = 28,5 %
7000
Jadi pada saat itu harus dilakukan BD sebesar 28,5 % volume yang ada
agar dicapai kembali batasan parameter yang saesuai dengan standard.


Apakah contoh dari NALCO ini bisa dipakai ? atau bapak punya format
laporan yang lebih sederhana dan lebih mewakili ?

Pak untuk intern kami apakah cukup menganalisa pH dan kadar phospat
saja untuk mengetahui bahwa kimia kita bekerja dengan baik ?
Demikian pertanyaan dari saya, atas kesediaan Bapak untuk memberi
penjelasan kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya


Ece Suratman

Water Chemical Solution mengatakan...

Thanks infonya gan.
Mantabbbbssss.........
Water Chemical Solution

Anti Kerak