Selasa, 24 Juni 2014

Pandangan Prabowo terhadap Persoalan TKI Cukup Tajam

Selasa, 24 Juni 2014 - 10:17 wib | Nina Suartika - Okezone
Pandangan Prabowo terhadap Persoalan TKI Cukup Tajam Prabowo Subianto (Foto: Dok. Okezone) JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menilai pandangan calon presiden Prabowo Subianto terhadap perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) cukup tajam. Prabowo yang sudah memiliki pengalaman membebaskan TKI dari hukuman mati di Malaysia terlihat lebih menguasai permasalahan karena mengikuti prosesnya secara langsung.

Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan bahwa konsep kesejahteraan dan memberantas kemiskinan dari visi dan misi Prabowo sudah sangat tepat. Sebab, persoalan TKI tidak akan pernah tuntas kalau negara belum bisa memberikan lapangan pekerjaan yang layak, sehingga migrasi tenaga kerja ke luar negeri tidak bisa dibendung.

"Menurut saya, Prabowo benar bahwa selagi rakyat masih miskin maka akan mudah diperdaya dan hanya akan menjadi pekerja murah. Pembenahan TKI harus diperketat, sehingga TKI kita memiliki daya saing di luar negeri dan bisa bekerja pada sektor-sektor yang strategis," kata Said dalam siaran persnya.

Said menilai persoalan TKI bukan hanya tentang UU di negara tujuan, namun membenahi TKI harus dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di desa-desa misalnya dengan menghidupkan lahan pertanian sehingga anak-anak miskin bisa sekolah dan memiliki pendidikan yang berkualitas.

Menurut Said, Prabowo benar bahwa saat ini desa-desa miskin para calon dan agen merajalela merektur calon TKI dengan janji-janji manis, gaji besar, dan kerja layak. Namun, itu hanya iming-iming dan janji palsu.

Banyak di antara mereka yang akhirnya berutang untuk bisa ke luar negeri. Sehingga, mereka tidak siap dan akhirnya menjadi korban eksploitasi majikan dan agen.

"Saya berharap agar pemerintah segera memberantas pelaku human trafficking dan membenahi sistem penempatan dan perlindungan TKI," pungkasnya.
(hol)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait: Prabowo-Hatta

Tidak ada komentar: