Jumat, 04 Januari 2013

Pengabdian Masyarakat AKFAR -AKAFARMA , Ganjaran, Gondanglegi, Malang


Kepanitiaan:
Penanggungjawab           :   Ir. Sugianto
Ketua pelaksana            :   FandiSatria, S.Farm., Apt
Sekretaris                       :   Ernanin Dyah Wijayanti, S.Si., M.P.
Bendahara                      :   MeiriaIstiana Sari, A.Md.

Desa Ganjaran ,merupakan suatu desa di pesisir selatan Kabupaten Malang merupakan salah satu desa dengan potensi alam yang melimpah seperti tanaman kelapa dan tebu. Potensi yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang ada di desa tersebut, bahkan sebagian masyarakatnya lebih memilih untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI. Sehingga pemanfaatan dan pengolahan potensi kekayaan alamnya cenderung berjalan di tempat tanpa adanya pengembangan.
Program kerjasama ini diharapkan bisa berkesinambungan yang bertujuan secara umum untuk membina desamenuju desa home industry berbasis kearifan dan kekayaan alam lokal dan membina pesantren produktif. Dalam rangka menindaklanjuti program kerjasama, direncanakan empat divisi pengabdian masyarakat di desa Ganjaran, yaitu:
1.        Divisiproduksiobatalam
Potensi lahan masyarakat di sekitar rumah masih relatif kosong, dan hanya sedikit ditanami TOGA.Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menanam TOGA yang memiliki keunggulan untuk dipasarkan sebagai produk Jamu/lainnya.Divisi produksi obat alam bergerak dalam memberikan masukan/informasi tentang penanaman sejenis TOGA tertentu (jahemerah, sereh), proses pengolahan bahan mentah hingga menjadi produk siap pakai dalam hal ini jahe instan, balsam jahe, sabun sereh.
2.        Divisi produksi olahan kelapa
Potensi tanaman yang telah banyaktumbuh di desa Ganjaran adalahkelapadanTebu yang masih jarang diolah oleh masyarakat. Hal ini dapatdimanfaatkan untuk menghasilkan produk home industry yang bernilai jual. Divisi produksi olahan kelapa ini bertugas memberikan informasi/pelatihan mengolah kelapa menjadi produk.Adapun produk yang bisa dilatihkan:
a.       Minyak telon dari minyak olahan daging kelapa
b.      Kecap instan dari air dan buah kelapa
c.       Sabun hijau
d.      Nata de coco
kegiatan pelatihan Nata de Coco, setiap hari Jum'at bulan Oktober -Nopember 2012 di PP Miftahul Ulum,



e.       Santan instan padat
f.       Kelapa kering untuk bahan kue
g.      Batako dari sabut kelapa
h.      Arang karbon aktif dari batok kelapa
i.        Atap olahan limbah daun tebu (kondek).
Tidak semua produk dilatihkan hanya beberapa produk saja, pemilihan produk didasarkan pada animo peserta pelatihan melalui questioner, dan pangsa pasar penjualan produk.
3.        Divisi kesehatan masyarakat
Dalam lingkup desa Ganjaran belum ada dokter ataupun bidan, sehingga akses pelayanan kesehatan terbatas.Alangkah baiknya jika masyarakat memahami tentang kesehatan, penyakit yang sering dialami anggota keluarga dan cara menanggulanginya. Melihat hal tersebut, divisi kesehatan masyarakat bertugas untuk dapat merangkul ibu-ibu warga desa dan remaja/santri putri untuk dapat menyelenggarakan pos kesehatan desa yang dapat memberikan informasi tentang cara hidupsehat, pembuatan /perencanaan desa bersih dan sehat.
4.        Divisi Kewirausahaan
Dalam lingkup desa Ganjaran mayoritas mata pencaharian penduduknya di bidang pertanian,dan diperkirakan pengetahuan tentang kewirausahaan masih minimm sehingga untuk menciptakan desa home industry, dirasa perlu untuk melatihkan kewirausahaan oleh divisi kewirausahaan setelah masyarakat diberi pelatihan pembuatan produk.
II.        Pelaksanaan Kegiatan setiap jum'at bulan Desember 2012
        diikuti Santri PP Roudhotul Ulum dan  anggota PKK desa Ganjaran,  membuat : sabun cair, shampo mobil , minyak goreng pemanasan cepat


1

Tidak ada komentar: