Minggu, 29 Juni 2014

Pihak Jokowi: Laut Cina Selatan Itu Urusan Alien!

Kepaulauan Natuna dan Laut China Selatan yang selalu ribut

 
 
 
 
 
 
Rate This

china_conflict laut selatan
Sangat tidak pas bila menganggap posisi Indonesia cukup aman di Laut China Selatan. RRC sangat pongah dalam mengklaim kepulauan Paracels, Spratly dan Scarborough. Tujuan dari klaim itu bukan untuk sekedar mendapatkan gugusan pulau, tapi adalah wilayah Laut Zona Ekonomi Eksklusif-nya. Kenapa wilayah ZEE yang 200 mil dari pantai itu penting?
Wilayah area 200 mil laut yang diberikan pada negara bersangkutan,  mempunyai potensi sekitar 90% dari seluruh simpanan ikan komersial, 87% dari simpanan minyak dunia, dan 10% simpanan mangan.
China dengan garis merahnya di peta mulai berani mengklaim ZEE Indonesia. Di saat bersamaan kaum Cendekiawan Negeri Jiran juga mulai mengklaim nenek moyang mereka atas Natuna. TNI telah mengantisipasi dengan membangun pangkalan udara untuk pesawat Sukhoi, nagh bila presiden terpilih selaku Panglima Tertinggi malah cuek bebek dengan ancaman keributan di Laut China Selatan ini, bisa-bisa Sipadan-Ligitan terulang kembali.
combat-radius-Sukhoi-dari-NatunaPeta radius deteren Sukhoi bila berbasis di Natuna. sumber: Jakartagreater.com
Berikut tulisan dua cendekiawan Malaysia yang mulai mengompori penduduk negeri seberang tentang klaim atas Natuna.

Kepulauan Natuna: ‘Bergeografikan Malaysia’ Berdaulatkan Indonesia

KEPULAUAN Natuna adalah gugusan kepulauan yang berselerakan di tengah-tengah Laut China Selatan yang memisahkan Semenanjung Malaysia dan Sabah serta Sarawak. Ia terletak lebih kurang 450km di utara pulau Singapura. Pulau terbesar di dalam gugusan kepulauan Natuna adalah Pulau Serindit atau nama lainnya, Pulau Bunguran.
Nama antarabangsa yang diiktiraf bagi Pulau Bunguran ialah ‘Natuna’. Walaupun dikatakan terpencil, Kepulauan Natuna terletak di kawasan laluan utama perdagangan antara Asia Timur dan Asia Barat.
Berpusatkan kota Ranai sebagai ibu negerinya, Kepulauan Natuna terdiri daripada 272 buah pulau yang terletak di barat laut Pulau Borneo. Mungkin terdapat sebahagian daripada kita yang bertanya; kenapakah kepulauan Natuna yang terletak di tengah-tengah Malaysia, bukan milik Malaysia?
Penduduk
Sehingga tahun 2010, dianggarkan penduduk di Kabupaten (Regency) Natuna adalah sebanyak 69,003 orang, yang terdiri daripada 35,741 orang lelaki dan 33,262 perempuan. Lebih kurang 85% penduduk di sana 85.27% adalah berketurunan Melayu dan selainnya adalah berketurunan Jawa, Sumatera dan Cina.
Bahasa pertuturan utama adalah Bahasa Melayu dielek negeri Terengganu dan Islam adalah agama utama penduduk di Kabupaten Natuna.
Indahnya_masjid_raya_NatunaMasjid Raya Natuna
Sejarah
Sejarah Kepulauan Natuna tidak dapat dipisahkan daripada pengaruh negeri-negeri di Tanah Melayu. Pemerintahan di Natuna dikatakan bermula pada tahun 1597 yang didirikan hasil gabungan penghijrahan kaum bangsawan Patani dan Johor. Pada sekitar kurun ke-16 iaitu selepas kejatuhan Kesultanan Melayu Melaka ke tangan Portugis, kerajaan Patani dan Johor muncul sebagai kuasa baru di rantau Tanah Melayu.
Kuasa dan pengaruh kesultanan Patani dikatakan lebih tertumpu di kawasan utara merangkumi negeri-negeri Terengganu, Kelantan, Menara (Narathiwat) dan Jala (Yala) sebelum dijajah Siam pada kurun ke-18. Manakala Kesultanan Johor pula menguasai kawasan selatan yang terdiri daripada negeri Pahang, sebahagian pantai timur Sumatera dan kepulauan Riau.
Susur galur pemerintahan Patani di Natuna bermula apabila salah seorang puteri berketurunan pemerintah asal Natuna bernama Puteri Wan Seri Bulan yang telah berkahwin dengan Datuk Bendahara Lingkai al-Fathani, seorang kerabat diRaja Patani. Zuriat dari pasangan ini telah menjadi Datuk Kaya yang memegang teraju pemerintahan Natuna.
Selain dari itu, antara pemerintah yang terkenal ialah Wan Muhammad al-Fathani yang berketurunan Orang Kaya Aling.
Baginda, yang juga digelar Orang Kaya Perdana Mahkota telah berhubung dengan pihak Inggeris pada tahun 1848 apabila Penguasa Tentera Inggeris bagi negeri-negeri Selat di Tanah Melayu, Leftenan Kolonel Butterworth menghadiahkan sebuah meriam tembaga atas jasa baginda memberikan bantuan kepada sebuah kapal milik pihak Inggeris yang pecah di sekitar pulau Natuna pada 25 Januari 1848.
Sorotan sejarah pemerintahan dan kependudukan awal bangsa Melayu di Natuna ini jelas menunjukkan bahawa kepulauan tersebut mempunyai hubungan yang lebih erat dengan dengan negeri-negeri di Tanah Melayu berbanding dengan kerajaan-kerajaan dari kepulauan Indonesia ataupun pihak penjajah Belanda yang berpusat di Batavia (Jakarta).
patung Datuk Kaya Wan Moh Dun di perbatsan Pulau laut Ujung Utara indonesia kabupaten natunapatung Datuk Kaya Wan Moh Dun di perbatasan Pulau laut Ujung Utara indonesia kabupaten natuna
Pemerintahan Penjajah Barat Di Nusantara
Kepulauan Melayu (Nusantara) adalah gugusan kepulauan yang terbesar di dunia dan Pulau Natuna terletak di kawasan ini. Sejak zaman kerajaan Srivijaya lagi, iaitu bermula dari kurun ke-7 Masihi, kerajaan-kerajaan Melayu sangat aktif dalam bidang perdagangan dan kota-kota Melayu menjadi pusat pelabuhan yang penting, seperti Palembang, Melaka, Kotaraja (Aceh), Patani dan Brunei.
Namun, kegemilangan kerajaan-kerajaan Melayu dan kekayaan sumber-sumber alam kepulauan Melayu ini telah mengundang minat penjajah Barat untuk datang menguasai rantau ini.. Kerajaan Melaka adalah kerajaan yang pertama jatuh ke tangan penguasa Portugis pada tahun 1511.
Melaka kemudiannya dikuasai oleh Belanda pada tahun 1641 sementara Bengkulu, yang terletak di Pulau Sumatera, dikuasai Inggeris pada tahun 1685.
Perlumbaan dalam mengembangkan kuasa dan pengaruh British dan Belanda di Kepulauan Melayu telah menimbulkan rasa tidak puas hati antara kedua-dua kuasa penjajah tersebut.
Bagi menamatkan bibit-bibit konflik dan mengekalkan hubungan baik British-Belanda, Perjanjian Inggeris-Belanda pada 17 Mac 1824 (Perjanjian 1824) telah dimetarai. Perjanjian ini telah membahagikan ‘Dunia Melayu’ di mana kedua kuasa tersebut secara sewenang-wenangnya melakarkan ‘peta kekuasaan’ masing-masing.
Artikel 10 Perjanjian ini berbunyi ‘Kota Melaka diserahkan kepada Raja Inggeris, manakala Raja Belanda dan rakyatnya tidak akan menubuhkan sebarang penempatan di Singapura dan Semenanjung Melaka (Semenanjung Melayu)’. Artikel 9 Perjanjian 1824 mengiktiraf pengaruh Belanda di Pulau Sumatera dan pulau-pulau di selatan pulau Singapura.
Dengan termeterainya perjanjian ini, pihak British tidak akan membuka penempatan di pulau-pulau di selatan Singapura dan Belanda juga tidak akan membuka penempatan di Semenanjung Melayu.
Perjanjian 1824 ini telah menjarah sempadan di kepulauan Melayu dan kesannya kekal sehingga ke hari ini.
Kesan Perjanjian 1824 ke Atas Kepulauan Natuna
Secara umum, boleh dikatakan bahawa Perjanjian 1824 tidak meletakkan kepulauan Natuna dengan jelas sama ada di bawah pengaruh Inggeris atau Belanda.
Akan tetapi, Perjanjian 1824 ada mengatakan yang Belanda tidak akan menubuhkan penempatan di utara pulau Singapura dan Semenanjung Melayu yang diiktiraf sebagai wilayah British.
Wilayah Belanda adalah di pulau Sumatera dan pulau-pulau di selatan pulau Singapura. Dari sudut geografi, Kepulauan Natuna bukanlah gugusan kepulauan yang terletak di selatan pulau Singapura.
Kepulauan Natuna Sebagai Wilayah di Dalam Indonesia
Kepulauan Natuna telah dimasukkan sebagai salah sebuah wilayah di dalam Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Delegasi Republik Indonesia, Provinsi Sumatera Tengah bertarikh 18 Mei 1956.
Kabupaten Natuna kemudiannya telah ditubuhkan di dalam Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan Undang-undang No. 53 Tahun 1999 yang telah dikuatkuasakan pada 12 Oktober 1999.
Namun, jika dilihat pada peta Asia Tenggara, jelas menunjukkan bahawa Kepuluan Natuna secara semulajadinya terletak sejajar dengan lokasi negeri Terengganu, sekiranya garis lurus dilukis dari pesisir negeri berkenaan ke arah timur.
Sempadan Indonesia jelas melengkung ke atas dan bukanlah dalam satu garisan yang lurus.
Kepulauan Natuna menjadi salah satu aset utama dalam menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan terbesar di dunia.
Dalam melukis garis kepulauan bagi membentuk perairan kepulauan, satu garis melengkung telah dilukis dari Pulau Bintan ke arah utara menyambung Kepulauan Anambas dan seterusnya Kepulauan Natuna sebelum garis ini melengkung ke bawah untuk bersambung dengan provinsi Kalimantan Barat.
Berdasarkan sumber sejarah, adalah munasabah untuk mengatakan Kepulauan Natuna tidak banyak mempunyai perkaitan dengan negara Indonesia. Kepulauan Natuna berbeza dengan tanah jajahan Belanda yang lain di Indonesia seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Makassar dan Papua.
Wilayah-wilayah ini yang menjadi milik Indonesia yang mewarisinya daripada bekas penjajahnya, Belanda apabila Indonesia mencapai kemerdekaan pada tahun 1945. Konsep yang wujud di dalam undang-undang antarabangsa ini dipanggil utti possideti juris.
Semasa Perjanjian 1824 dibuat, kepulauan Natuna masih lagi di bawah pengaruh kesultanan Melayu menerusi pemerintahan Baginda Wan Muhammad al-Fathani. Juga, Perjanjian 1824 tidak secara jelas meletakkan kepulauan Natuna di bawah pengaruh Belanda.
Malah, sekiranya Perjanjian 1824 diteliti, Belanda tidak berhak membuka penempatan di mana-mana kawasan di utara pulau Singapura yang jelas berada di dalam kawasan pengaruh British.
Secara logiknya, memandangkan kepulauan Natuna masih berada di dalam wilayah lingkup kerajaan Johor saat Perjanjian 1824 ditandantangani, ianya patut berada di bawah pengaruh British, yang menjadi penaung bagi kesultanan Johor pada ketika itu.
Oleh itu, mungkin timbul hujah yang mengatakan kepulauan Natuna sepatutnya berada bersama Malaysia apabila kesultanan Johor merdeka di dalam Persekutuan Malaya pada tahun 1957 menerusi konsep utti possideti juris.
Kekayaan Natuna
Tuntutan ke Atas Kepulauan Natuna
Indonesia secara rasmi memasukkan kepulauan Natuna sebagai wilayahnya pada tahun 1956, setahun sebelum Tanah Melayu (Malaysia) mencapai kemerdekaan dan 6 tahun sebelum berlakunya Konfrontasi Malaysia dengan Indonesia.
Tanah Melayu pada ketika itu masih lagi diperintah British dan belum lagi menjadi sebuah negara berdaulat bagi menuntut ketuanan ke atas kepulauan Natuna. Walaupun Tanah Melayu mencapai kemerdekaan pada tahun 1957 dan menjadi Malaysia pada tahun 1963, Konfrontasi Malaysia-Indonesia yang berlaku pada tahun 1962-1966 berkemungkinan telah mengalih pandangan pemerintah Malaysia pada ketika itu yang lebih menumpukan untuk menamatkan konflik dengan Indonesia.
Manakala Indonesia pula memerlukan kepulauan Natuna supaya garis kepulauan dapat dilukis menghubungkan pulau-pulau di dalam Indonesia bagi mencipta sebuah lingkungan laut kepulauan bagi memenuhi hasratnya menjadi sebuah negara kepulauan (Archipelagic State) berdasarkan undang-undang laut antarabangsa.
Makanya, besar kemungkinan, atas dasar ingin menamatkan konfrantasi dan berbaik-baik dengan jiran serumpun, isu tuntutan kedaulatan ke atas kepulauan Natuna mungkin tidak menjadi keutamaan pemerintah Malaysia pada ketika itu. Sehingga kini, Malaysia mengiktiraf kedudukan kepulauan Natuna sebagai sebuah wilayah dalam negara kepulauan republik Indonesia.
Di bawah konsep undang-undang antarabangsa, sesebuah wilayah itu boleh diperolehi oleh sesebuah kerajaan atau kuasa pemerintah melalui empat cara iaitu perluasan wilayah melalui cara semulajadi (accretion), penyerahan wilayah (cession), penjajahan, dan effective occupation ataupun prescription.
Prescription merujuk kepada tindakan sebuah negara yang mezahirkan kedaulatan dengan cara mengamalkan penguasaan ke atas wilayah tertentu tanpa dibantah oleh negara-negara lain.
Berdasarkan fakta ini, boleh dikatakan bahawa Indonesia telah menguasai Pulau Natuna selama 56 tahun tanpa bantahan dari Malaysia sejak tahun 1956.
Oleh yang demikian, adalah sukar untuk ketika ini bagi Malaysia menuntut hak kedaulatan ke atas kepulauan Natuna walaupun berdasarkan fakta geografi dan sejarah, kepulauan Natuna memang mempunyai pertalian yang kuat dengan negeri-negeri di Semenanjung Melayu.

Kesimpulan
Fakta-fakta sejarah jelas menunjukkan kepulauan Natuna mempunyai perkaitan yang lebih jelas dan kukuh dengan negeri-negeri Tanah Melayu berbanding kerajaan-kerajaan awal di kepulauan Indonesia.
Akan tetapi, tiada tuntutan konsisten pernah dilakukan oleh Malaysia dan kependudukan Indonesia di kepulauan Natuna tidak pernah dibantah oleh Malaysia.
Kedaulatan Indonesia ke atasnya telah mencipta ruang lingkup wilayah Indonesia yang membelah Malaysia kepada dua bahagian. Sehingga kini, kepulauan Natuna kekal sebagai sebuah wilayah Indonesia walaupun yang secara geografinya, kedudukan kepulauan tersebut lebih sejajar dengan kedudukan Malaysia.
Hubungan antara negara-negara ASEAN dan Republik Rakyat Cina (RRC) tidak selalu berjalan mulus. Meskipun telah menjalin berbagai macam kerjasama ekonomi, tetap terdapat sengketa-sengketa yang terus berlangsung terutama di wilayah Laut Cina Selatan. (photo courtesy asean-investor.com)Hubungan antara negara-negara ASEAN dan Republik Rakyat Cina (RRC) tidak selalu berjalan mulus. Meskipun telah menjalin berbagai macam kerjasama ekonomi, tetap terdapat sengketa-sengketa yang terus berlangsung terutama di wilayah Laut Cina Selatan. (photo courtesy asean-investor.com)Posted on Updated on
JAKARTA, POS RONDA – Staf ahli dalam tim pemenangan kandidat Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla, Rafli Guntarto, menyatakan dukungan pada jawaban Jokowi atas pertanyaan Prabowo Subianto mengenai kondisi politik di Laut Cina Selatan.
“Apa yang dijawab oleh Pak Jokowi itu benar. Untuk apa kita bergabung untuk menyelesaikan masalah Laut Cina Selatan kalau tidak menguntungkan buat kita? Laut Cina Selatan itu urusan Alien! Biarkan saja begitu.” ujarnya saat diwawancara seusai acara debat capres.
Dalam debat capres yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, semalam (22/6), Jokowi menyatakan bahwa sengketa di Laut Cina Selatan tidak mengikutsertakan Indonesia. Menurut Jokowi, masalah tersebut merupakan urusan antar negara lain.
“Ini adalah urusan negara yang lain dengan negara yang lain. Tapi kalau kita bisa masuk dan berperan, juga lebih baik. Tapi harus kita amati dan cek, apakah kita masuk ke konflik itu justru membuat kita berhubungan tidak baik dengan Tiongkok, lalu apakah kita bisa kasih solusi. Kalau kita bisa kasih solusi dengan diplomasi, tidak usah ikut-ikutan.” papar Jokowi menjawab pertanyaan Prabowo.
Sengketa yang terjadi di Laut Cina Selatan. RRC melakukan klaim atas wilayah teritorial Laut Cina Selatan dan kepulauan di dalamnya. Ini menimbulkan sengketa antara RRC dengan beberapa negara anggota ASEAN seperti Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia. Sengketa tersebut berkaitan erat dengan wilayah perbatasan Indonesia. (image courtesy bbc.co.uk)
Sengketa yang terjadi di Laut Cina Selatan. RRC melakukan klaim atas wilayah teritorial Laut Cina Selatan dan kepulauan di dalamnya. Ini menimbulkan sengketa antara RRC dengan beberapa negara anggota ASEAN seperti Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia. Sengketa tersebut berkaitan erat dengan wilayah perbatasan Indonesia. (image courtesy bbc.co.uk)
Rafli kemudian menjelaskan bahwa akan lebih baik untuk fokus kepada membantu kemerdekaan Palestina dibandingkan menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan. Ia juga mengatakan bahwa isu Palestina lebih dilihat oleh dunia internasional dibandingkan sekedar hamparan laut.
“Pak Jokowi sudah dapat doa dari rakyat Palestina, lho. Wajar kita lebih pilih Palestina. Memang kita bisa minta doa dari Laut Cina Selatan? Kalau dari Laut Kidul sih mungkin bisa. Isu Palestina lebih bergengsi, lebih hipster, lebih rame! Lagipula kami tidak terlalu memikirkan Laut Cina Selatan. Kalau di kantor Pak Prabowo kabarnya Malaysia sudah hilang dari peta di dinding***), di peta kantor kita sudah nggak ada juga Laut Cina Selatan.” jelasnya sambil tertawa.
Ia menyatakan bahwa Jokowi telah memiliki langkah jitu dalam menyelesaikan masalah diplomasi dan politik luar negeri Indonesia. Menurut Rafli semua itu bisa dilakukan dengan mudah melalui program online.
“Pak Jokowi nanti akan ada program e-diplomasi. Jadi konflik apapun di dunia, tinggal klik-klik, selesai. Kalaupun ada hambatan, dalam dua minggu pasti sudah selesai, pokoknya tinggal klik. Urusan diplomasi itu gampang. Para diplomat kita juga bisa cukup bekerja dari rumah, tidak perlu berhubungan langsung dengan orang lain. Semua dimudahkan. Ini jelas akan jadi kontribusi Pak Jokowi bagi perdamaian dunia.” ujar Rafli mengakhiri wawancara.
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan pers bersama dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di Istana Negara akhir Februari lalu. Sepanjang sejarah, para presiden Indonesia selalu mendukung kemerdekaan bagi rakyat Palestina sesuai dengan amanat konstitusi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. (photo courtesy kompas.com)
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan pers bersama dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di Istana Negara akhir Februari lalu. Sepanjang sejarah, para presiden Indonesia selalu mendukung kemerdekaan bagi rakyat Palestina sesuai dengan amanat konstitusi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. (photo courtesy kompas.com)
Usaha membantu kemerdekaan Palestina bukanlah hal yang baru bagi pemerintah Indonesia. Seluruh presiden Indonesia sejak Soekarno hingga dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seluruhnya mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Presiden SBY bahkan untuk kesekian kalinya mengajak dunia untuk membangun Negara Palestina melalui ‘solusi dua negara’ saat menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Palestina Rami Hamdallah pada akhir bulan Februari 2014.
Hal tersebut ditekankan oleh pengamat politik internasional Indonesia, Goris Lawawei. Menurut Goris, dukungan pada Palestina tidak perlu disebutkan lagi dalam kampanye politik karena itu sudah menjadi amanat konstitusi untuk menghapus penjajahan di atas dunia. Saat seorang capres mencalonkan diri, maka dirinya sudah satu paket untuk mengemban amanat konstitusi tersebut sebagai bagian dari paradigma politik luar negeri bebas-aktif.
“Jabatan Presiden Indonesia sudah dengan sendirinya datang dengan amanat untuk membantu kemerdekaan Palestina, jadi tidak perlu disebutkan lagi. Justru saya pribadi melihat kasus Laut Cina Selatan lebih mendesak karena berhubungan dengan wilayah perbatasan dan potensi perekonomian kita, terutama wilayah Natuna dan Anambas.” ujar Goris saat dimintai pendapatnya pagi ini (23/6).
Goris melanjutkan, memang secara formal belum ada klaim dari pihak Republik Rakyat Cina (RRC) soal Kepulauan Natuna dan Anambas. Namun di wilayah tersebut, RRC kini tengah bersengketa dengan Filipina, Vietnam, Brunei, dan Malaysia, yang sama seperti Indonesia, merupakan negara anggota Asosiai Bangsa-bangsa di Asia Tenggara (ASEAN). Tidak ada jaminan bahwa apabila RRC secara resmi memenangkan sengketa, negara tersebut tidak akan melakukan klaim lebih jauh ke arah selatan menuju Natuna dan Anambas.
Karikatur mengenai hubungan antara ASEAN dengan Cina. Kondisi di wilayah perbatasan antara beberapa negara di Asia Tenggara sedang memanas akibat sengketa teritorial dengan Cina. (image courtesy economist.com)
Karikatur mengenai hubungan antara ASEAN dengan Cina. Kondisi di wilayah perbatasan antara beberapa negara di Asia Tenggara sedang memanas akibat sengketa teritorial dengan Cina. (image courtesy economist.com)
Bahkan beberapa bulan terakhir, kondisi di daerah sengketa semakin memanas terutama antara RRC dan Filipina berkaitan dengan klaim atas Kepulauan Spratley. Goris menganggap bahwa seorang presiden harus selalu menganggap potensi konflik di negara tetangga sebagai isu penting dan harus terus dipantau.
“Justru karena yang terlibat sengketa adalah negara-negara ASEAN, Indonesia mau tidak mau harus aktif terlibat. Katanya kita ingin jadi pemimpin ASEAN? Oleh karena itu kita harus membela kepentingan regional dan negara-negara anggota ASEAN juga. Justru negara-negara ASEAN harus bisa bekerja sama dan berkoordinasi agar tidak mudah diintervensi oleh pihak lain. Kita jadikan kepentingan ASEAN selaras dengan kepentingan Indonesia.” pungkas Goris. (Sha01)

Tidak ada komentar: