Senin, 06 Oktober 2014

10 Barang Gila Yang Ditenagai Dengan Cahaya Matahari


Penulis: M. Faris Faishal Afi Sabtu, 4 Oktober 2014 09:13:33
10 Barang Gila Yang Ditenagai Dengan Cahaya Matahari
Kategori Teknologi
Matahari memang dianggap sebagai sumber tenaga masa depan. Dengan menggunakan panel surya, tenaga panas matahari dapat ditangkap dan diubah menjadi listrik atau tenaga penggerak. Mungkin karena tenaga matahari terlalu populer, banyak barang-barang yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber tenaganya. Bahkan beberapa barang tersebut tidak selazimnya dilengkapi dengan teknologi ini.

1. Bioskop Mini
Bioskop selama ini terkenal dengan ruangannya yang luas serta peralatan yang banyak dan memerlukan tenaga yang cukup besar untuk berjalan. Namun di London, ada sebuah bioskop yang memiliki sumber tenaga mandiri yang didapat dari tenaga matahari. Diberi nama Sol Cinema, bioskop ini bukan seperti bioskop pada umumnya, karena berukuran mini. Pembuatnya mengklaim bahwa dengan tenaga matahari, ia dapat menjalankan proyektor video, sound system, dan menyalakan laptop serta lampu.

2. Pesawat Bertenaga Surya
Pesawat bukan pesawat biasa yang dibuat oleh orang-orang jenius yang iseng, pesawat bertenaga surya adalah buatan NASA. Pesawat ini sangatlah ringan dan dikendalikan oleh seorang pilot. Pesawat yang diberi nama "Pathfinder" ini dapat terbang pada ketinggian yang cukup tinggi dalam waktu yang lama. Pathfinder dapat melaju dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Nantinya Pathfinder akan digunakan untuk misi-misi pengambilan gambar dan sampel.

3. Kapal Bertenaga Surya Terbesar
Kapal yang satu ini cukup keren. Badan kapal ini dilengkapi dengan panel surya seluas 500 meter persegi dan dapat menghasilkan daya listrik sebesar 103.4 kilowatt. Kapal buatan Knierim Yacht Club ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 27 kilometer per jam. PlanetSolar, nama kapal ini, akan segera turun ke laut untuk menjalani masa uji coba.

4. Bikini Bertenaga Surya
Yang satu ini memang benar-benar gila. Bikini bertenaga surya. Dibuat oleh Andrew Schneider, seluruh bagian dari bikini ini terbuat dari panel surya dan dilengkapi dengan koneksi USB. Bikini ini dapat memberi tenaga pada perangkat genggam serta kulkas mini. Harus sekalian berjemur yang untuk menggunakan bikini ini.

5. Kulkas Bertenaga Surya
Di wilayah yang maju, kulkas bertenaga surya mungkin tidak cukup populer. Namun Emily Cummins, pencipta kulkas ini, memang tidak membuatnya untuk wilayah yang telah modern dan maju, melainkan untuk wilayah yang masih terjerat kemiskinan dan primitif, seperti di Afrika. Kulkas berbentuk tabung ini memiliki dua lapisan, dimana lapisan luar terbuat dari kayu atau plastik, dan lapisan dalam terbuat dari besi. Tanah atau pasir dan air dimasukkan diantara kedua lapisan tersebur. Suhu yang dihasilkan kulkas ini dapat menyentuh 6 derajat celsius. Cukup baik untuk kulkas tanpa freon dan listrik.

Tidak ada komentar: